SIARAN PERS

[PERS] KALOG Mengoperasikan 2 (Dua) Rangkaian Angkutan Semen Baru Relasi Arjawinangun – Semarang Poncol dan Nambo – Semarang Poncol

11 - 09 - 2014   Views: 3864


corpcomm Daop 3 KAI

Jakarta, 11 September 2014 – Memasuki tahun ke-lima, PT Kereta Api Logistik (KALOG) salah satu anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus melakukan ekspansi sebagai upaya pengembangan bisnis perusahaan, diantaranya melalui penambahan relasi baru untuk angkutan semen dengan moda kereta api (KA).

Angkutan Semen perdana relasi Nambo (NMO) – Semarang Poncol (SMC) diberangkatkan pada 8 September 2014 dengan formasi 20 Gerbong Datar (GD) atau setara dengan 800 ton; kemudian disusul dengan angkutan semen relasi Arjawinangun (AWN) – Semarang Poncol (SMC) dengan formasi 20 GD (800 ton) yang diberangkatkan perdana pada 10 September 2014 dari stasiun Arjawinangun, Cirebon.

Direktur Operasi dan Pemasaran KALOG, Subakir mengatakan bahwa Relasi Nambo – Semarang Poncol merupakan salah satu bentuk pengembangan angkutan semen yang tersedia karena rangkaian GD diberangkatkan melalui 2 rangkaian terpisah yang masing-masing terdiri dari 10 GD. Pengiriman ini merupakan salah satu bentuk inovasi, karena rangkaian GD diberangkatkan bersama dengan rangkaian angkutan semen relasi Nambo – Kalimas untuk menekan biaya operasional yang mencakup biaya lokomotif, crew serta bahan bakar. Dengan demikian, relasi Nambo – Kalimas masing-masing akan berangkat dengan formasi 30  GD”

Subakir melanjutkan, “Angkutan semen merupakan salah satu kontributor terbesar bagi pendapatan bisnis KALOG saat ini. Menanggapi hal tersebut, KALOG telah menyiapkan beragam peningkatan layanan serta kesiapan infrastruktur seperti penambahan relasi baru hingga pembangunan cement yard (terminal semen) dan pergudangan sementara yang terintegrasi dengan stasiun dan”

Hingga saat ini, KALOG telah menjalankan 9 (sembilan) rangkaian KA Semen Tiga Roda yang juga merupakan wujud dari pengembangan sinergi dan kerjasama dengan PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk. yang telah terbentuk sejak tahun 2012.

KALOG telah mengangkut lebih dari 500.000 ton angkutan semen Tiga Roda tahun 2013 dan ditargetkan mampu mengangkut lebih dari 1.000.000 ton tahun 2014. Dalam waktu dekat, KALOG juga akan menjalankan satu rangkaian angkutan semen Tiga Roda relasi Nambo – Cisaat