SIARAN PERS

[PERS] Perjalanan Perdana Angkutan Coca Cola dengan KA Kontainer

26 - 06 - 2014   Views: 2118

Jakarta, 26 Juni 2014 – PT Kereta Api Logistik (KALOG), PT Kereta Api Indonesia (persero) bersama PT Coca Cola Amatil hari ini meresmikan angkutan perdana KA kontainer Coca Cola yang terdiri dari 20 GD dengan kapasitas 40 Teus di stasiun Jakarta Gudang, Jakarta. Peresmian yang juga merupakan peluncuran perdana tersebut dilakukan secara simbolis dengan pemecahan kendi oleh Direktur Operasi dan Pemasaran KALOG, Dwiyana Slamet Riyadi yang dilanjutkan dengan pemberangkatan kereta api oleh GM Operasional PT Coca Cola Amatil, Victor Purwanto didampingi Senior Manager Angkutan Daop 1 Jakarta PT Kereta Api Indonesia (persero).

Kerjasama ini mencakup distribusi logistik dengan skema door-to-door service dengan tujuan Cibitung - Pandaan, Jawa Timur dengan menggunakan model transportasi logistik terpadu yang tidak hanya menjangkau distribusi logistik station-to-station. Melalui kerjasama ini, KALOG akan melayani KA Kontainer Coca Cola relasi Jakarta - Surabaya pp setiap hari.

Dwiyana Slamet Riyadi, Direktur Operasi dan Pemasaran KALOG mengatakan, “Angkutan Kontainer Coca-Cola ini membuktikan bahwa pelaku usaha mulai mempertimbangkan dan menunjukkan minat terhadap efisiensi yang ditawarkan moda kereta api. Untuk itu, ke depan KALOG akan terus membenahi dan menyempurnakan sarana dan prasarana sebagai kesiapan dalam mengantisipasi adanya kemungkinan kenaikan permintaan pasar yang juga sejalan dengan komitmen PT KALOG dan PT KAI (persero) untuk meningkatkan angkutan barang.”

Lebih lanjut, Dwiyana mengatakan dengan adanya kerjasama ini diharapkan akan tercipta sinergi untuk mewujudkan nilai lebih dari sebuah kemitraan seperti nilai ekonomis yang mencakup efisiensi biaya dan waktu serta nilai lingkungan dengan pengurangan polusi dan pengurangan beban jalan yang berpotensi mengakibatkan kerusakan jalan raya.

Dengan kerjasama ini KALOG optimis mampu meningkatkan kinerja perusahaan dengan optimal. Hingga saat ini, KALOG telah mengoperasikan 8 rangkaian KA Kontaiar Jakarta – Surabaya dengan kapasitas 320 teus dan occupancy mencapai 80% lebih, KALOG optimis dalam bulan Juli 2014 akan menambah 2 rangkaian lagi sehingga kapasitas menjadi 400 teus per hari.

Selain KA Kontainer, ekspansi bisnis yang telah dilakukan KALOG adalah dengan peluncuran KA Aqua menambah frekuensi KA Semen Tiga Roda, Semen Bosowa dan Aqua. Peluncuran KA Aqua ini sebagai salah satu alternatif mengatasi kemacetan jalan raya yang terjadi di koridor Bogor – Sukabumi.


Pada Tgl 1 Juni 2014 PT Semen Bosowa telah melakukan trial angkutan dari Banyuwangi – Surabaya dengan kapasitas 800 ton/hari. Disusul pada tanggal 20 Juni 2014 KALOG juga telah mengoperasikan 1 rangkaian KA Semen Tigaroda relasi Nambo – Brambanan dengan kapasitas 800 ton, sehingga setiap hari KALOG mengoperasikan 7 KA semen dengan kapasitas angkut 5600 ton ke berbagai wilayah di pulau Jawa. Sesuai rencana pada Tanggal 2 Juli 2014, KALOG akan menambah 1 rangkaian KA semen Tigaroda dengan relasi Nambo - Banyuwangi. Selain di Jawa, KALOG juga akan berekspansi menambah frekuensi KA Batubara dari Lahat – Palembang guna meningkatkan kapasitas angkut dari 2 juta ton menjadi 8 juta ton per tahun.

Pada tahun 2014, PT Kalogistik akan membelanjakan 183,2 Milyar sebagai belanja moda untuk memperbaiki dan memperluas fasilitas muat bongkarnya di Terminal Barang yang ada di Jawa dan Sumatera.


Tentang PT kereta Api Logistik
PT Kereta Api Logistik (KALOG) dibentuk dengan tujuan melayani distribusi logistik berbasis kereta api, dengan kemasan bisnis door to door service untuk memberikan pelayanan yang paripurna bagi pelanggan kereta api yang didukung dengan angkutan pra dan purna. PT Kereta Api Logistik (KALOG) fokus pada orientasi bisnis sebagai jasa layanan distribusi logistik secara terpadu (total solution) melalui “End-to-End Services”. KALOG memberikan nilai tambah pada layanan distribusi logistik, termasuk layanan yang telah disediakan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero). Informasi lebih rinci dapat diakses melalui www.kalogistics.co.id